Panduan Praktis Cara Mengatasi Penyakit Jantung Pada Wanita

Salah satu jenis penyakit pembunuh nomor satu bagi wanita adalah penyakit jantung. Oleh karena itu sangat diperlukan pengetahuan tentang cara mengatasi penyakit jantung pada wanita tersebut. Penyakit jantung adalah hasil dari penyempitan arteri yang memasok jantung dengan darah, oksigen, dan nutrisi. Proses ini, yang disebut penyakit arteri koroner, secara umum dapat ditelusuri ke kondisi yang disebut aterosklerosis, penumpukan endapan lemak yang kaya kolesterol, atau plak, di bagian dalam dinding arteri. Ketika deposit ini menumpuk seiring waktu, arteri koroner menyempit ke titik bahwa aliran darah beroksigen ke jantung terhambat.

Ketahui Faktor Resiko

Faktor risiko utama untuk penyakit kardiovaskular termasuk merokok, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi atau trigliserida, diabetes mellitus, obesitas, gaya hidup, dan gizi buruk. Pencegahan dan pusat perawatan di sekitar faktor-faktor risiko ini  dan pendekatan ini akan membantu Anda menurunkan risiko untuk banyak jenis penyakit lainnya, serta membantu mempermudah melaksanakan cara mengatasi penyakit jantung pada wanita.

1. Jangan Merokok

Merokok tetap menjadi penyebab utama penyakit kardiovaskular yang dapat dicegah pada wanita, dengan lebih dari 50 persen serangan jantung di kalangan wanita paruh baya yang disebabkan tembakau. Risiko penyakit kardiovaskular mulai menurun dalam beberapa bulan setelah berhenti merokok dan mencapai tingkat orang yang tidak pernah merokok dalam 3 hingga 5 tahun. Baca juga: ciri serangan jantung ringan

2. Turunkan Kadar Kolestrerol

Kolesterol darah tinggi adalah kondisi yang sangat meningkatkan kemungkinan Anda terkena penyakit jantung koroner. Kolesterol ekstra dalam darah mengendap di dinding bagian dalam arteri, menyempitkan mereka dan memungkinkan lebih sedikit darah untuk melewati mereka ke jantung. Bertujuan untuk kolesterol total di bawah 200 mg / dL, Kolesterol LDL di bawah 130 mg / dL dan HDL di atas 35 mg / dL.

3. Pertahankan BB Ideal

Obesitas dan gaya hidup sedentari adalah epidemi di Indonesia yang berkontribusi terhadap peningkatan risiko penyakit kardiovaskular. Prevalensi obesitas telah meningkat di antara pria dan wanita dalam dekade terakhir. Juga, 60 persen pria dan wanita tidak melakukan aktivitas fisik secara teratur. Obesitas, terutama adipositas perut, merupakan faktor risiko penting untuk penyakit kardiovaskular pada wanita. Baca juga: cara alami menyembuhkan penyakit jantung

4. Lakukan Latihan atau Olahraga

Bukti terbaru menunjukkan bahwa aktivitas intensitas sedang, termasuk jalan cepat , berhubungan dengan pengurangan risiko penyakit kardiovaskular secara substansial. Temuan ini mendukung pedoman olahraga federal 1995 yang mengesahkan 30 menit aktivitas fisik yang cukup intens hampir setiap hari dalam seminggu, sebuah program yang seharusnya layak dan aman bagi sebagian besar penduduk. Latihan rutindan pemeliharaan berat badan yang sehat juga harus membantu mengurangi resistensi insulin dan risiko diabetes melitus non-insulin-dependent, yang tampaknya menjadi faktor risiko yang lebih kuat untuk penyakit kardiovaskular pada wanita dibandingkan pada pria. Diabetes dikaitkan dengan peningkatan tiga kali lipat hingga tujuh kali lipat dalam risiko penyakit kardiovaskular di kalangan wanita, dibandingkan dengan peningkatan dua kali lipat hingga tiga kali lipat di antara pria. Sekitar setengah dari semua kematian pada pasien dengan diabetes melitus non-insulin tergantung karena penyakit jantung.

5. Perbanyak Serat dan Kurangi Lemak Jenuh

Diet rendah lemak jenuh dan tinggi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan serat dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular. Juga, penelitian terbaru yang dilaporkan dalam jurnal Annals of Internal Medicine menegaskan bahwa makan buah dan sayuran, terutama sayuran berdaun hijau dan buah dan sayuran kaya vitamin C, tampaknya memiliki efek perlindungan terhadap penyakit jantung koroner. Baca juga: cara pencegahan angina pektoris

Anda bahkan mungkin berpikir untuk menggunakan  kebiasaan makan yang lebih fleksibel atau vegetarian:  Diet vegetarian mengurangi risiko penyakit arteri koroner, dan bahkan dapat membalikkan penyakit arteri koroner saat dikombinasikan dengan perubahan gaya hidup lainnya. Diet Mediterania yang menggunakan minyak zaitun dapat mengurangi risiko penyakit arteri koroner.

6. Hindari Lemak Trans

Asam lemak trans telah dikaitkan dengan profil lipid yang merugikan dan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular. Ini termasuk sebagian besar margarin. Peranan asam lemak lainnya, termasuk asam lemak tak jenuh tunggal, tak jenuh ganda, dan asam lemak omega-3 laut, masih kontroversial.

7. Batasi Asupan Alkohol

Asupan alkohol moderat memang tidak langsung terkait dengan pengurangan penyakit kardiovaskular, tetapi dapat meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan risiko kanker payudara. Menopause bedah dini terkait dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, yang tampaknya dinegasikan oleh penggunaan terapi estrogen.

8. Vitamin

Suplemen vitamin antioksidan, khususnya vitamin E dan agen penurun homosistein seperti folat dan B6, memiliki peran yang menjanjikan dalam pencegahan penyakit kardiovaskular, tetapi bukti konklusif mungkin bergantung pada hasil dari beberapa uji klinis acak yang sedang berlangsung. Ketika ditemukan dalam kadar yang sangat tinggi, homocysteine ​​membawa tingkat risiko yang sama seperti memiliki kolesterol tinggi. Vitamin B, terutama asam folat dan B12, akan mendorong peningkatan kadar homocysteine ​​ke tingkat normal, seringkali tanpa perlu obat resep.

9. Kelola Stres

Stres yang tidak terkontrol dapat memiliki efek buruk pada lipid darah. Sikap permusuhan secara kuat terkait dengan insiden kejadian jantung yang lebih tinggi, dan ketidakpercayaan sinis telah dikaitkan dengan percepatan perkembangan penyakit arteri karotis. Metode relaksasi (meditasi, latihan pernapasan), yoga dan  teknik manajemen stres sangat penting untuk mencegah penyakit kardiovaskular dan penyakit arteri koroner dan untuk mengurangi risiko masalah jantung berulang. Mediasi merupakan salah satu cara mengatasi penyakit jantung pada wanita yang dianjurkan. Meditasi juga telah terbukti menurunkan kolesterol dan membalik penebalan arteri karotis.