12 Gaya Hidup Penyebab Jantung Koroner

Salah satu jenis penyakit yang paling sering terjadi adalah jantung koroner. Penyakit ini bisa terjadi saat suplai darah mengandung oksigen yang menuju otot jantung tersumbat karena plak pada arteri koroner. Plak tersebut nantinya akan menghasilkan zat kimia sehingga bagian dalam dinding pembuluh darah akan semakin lengket sehingga aliran darah yang mengandung kalsium, lipoprotein dan juga sel inflamasi akan menempel pada pembuluh darah yang akhirnya membuat penumpukan plak semakin banyak. Ada begitu banyak hal yang bisa menimbulkan masalah ini, namun beberapa penyebab terbesar berasal dari gaya hidup penyebab jantung koroner. Untuk mengetahui apa saja kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan jantung koroner selengkapnya bisa dilihat dalam ulasan berikut ini.

1. Merokok

Kebiasaan buruk seperti merokok menjadi salah satu penyebab utama dari jantung koroner. Dalam rokok mengandung karbon monoksida dan juga nikotin sehingga jantung akan bekerja lebih cepat dibandingkan keadaan normal.

Baca juga: buah untuk jantung bengkak

Nikotin dan karbon monoksida nantinya juga bisa meningkatkan penggumpalan darah di arteri. Sedangkan beberapa bahan kimia lain yang terkandung dari rokok juga akan meningkatkan risiko jantung koroner tersebut.

2. Mengkonsumsi Makanan Tinggi Kolesterol

Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh akan menyebabkan lemak semakin banyak menumpuk pada pembuluh darah koroner. Hal ini nantinya akan menghambat aliran darah menuju banyak organ dan salah satunya adalah jantung.

3. Obesitas atau Berat Badan Berlebih

Obesitas atau berat badan berlebih juga menjadi salah satu penyebab masalah jantung seperti jantung koroner. Untuk batas Body Mass Index [BMI] adalah diantara 18.5 hingga 24.9 yang masuk dalam kategori normal. Akan tetapi jika mencapai 25 hingga 29.9 bahkan 30, maka sudah bisa dikatakan obesitas atau berat badan berlebih.

4. Duduk Sepanjang Hari

Seseorang yang tidak banyak bergerak dan lebih sering duduk lebih dari 5 jam setiap hari juga akan memiliki risiko sebanyak 2 kali lipat penyakit koroner menurut sebuah penelitian di Amerika Serikat.

Baca juga: diagnosa medis jantung

Untuk itu, apabila pekerjaan anda memang membutuhkan banyak duduk setiap hari, anda bisa sesekali bangun dan berjalan sekitar 5 menit setiap 1 jam sekali agar kesehatan arteri bisa tetap lentur dan darah bisa tetap mengalir dengan baik.

5. Banyak Minum Minuman Beralkohol

Mengkonsumsi minuman alkohol berlebih juga bisa menyebabkan berbagai masalah seperti stroke, darah tinggi, obesitas dan juga jantung koroner. Dari penelitian membuktikan jika minum lebih dari 2 gelas minuman beralkohol setiap hari bisa meningkatkan ritme jantung dan akhirnya jantung koroner serta gagal jantung pun bisa terjadi.

6. Stress Berlebihan

Saat manusia sedang mengalami stres, maka adrenalin akan semakin banyak dilepaskan yang nantinya akan berpengaruh pada fungsi tubuh seperti detak jantung meningkat dan tekanan darah yang juga semakin tinggi. Jika stress terjadi terus menerus, maka pembuluh darah jantung akan rusak yang akhirnya meningkatkan risiko jantung koroner tersebut.

7. Tidak Melakukan Flossing

Flossing atau membersihkan gigi dengan benang khususnya ternyata tidak hanya penting untuk menjaga kesehatan gigi. Namun dari penelitian Jpurnal of Periodontal Research membuktikan jika seseorang yang jarang bahkan tidak pernah melakukan flossing bisa meningkatkan risiko terkena jantung koroner.

Baca juga: gejala awal sakit jantung

Hal ini disebabkan karena bakteri yang berhubungan dengan penyakit gusi akan meningkatkan peradangan dalam tubuh yang berkaitan dengan penyakit jantung tersebut.

8. Mengkonsumsi Garam Berlebihan

Garam yang mengandung natrium dan dikonsumsi terlalu berlebihan akan meningkatkan tekanan darah yang tentunya berhubungan erat dengan meningkatnya risiko jantung koroner. Mengkonsumsi makanan olahan seperti sup atau sayuran kaleng, daging kaleng, makanan beku, keripik dan juga berbagai jenis makanan ringan gurih akan meningkatkan kadar natrium dalam tubuh yang akhirnya memicu penyakit jantung koroner.

9. Kurang Tidur atau Sering Begadang

Jantung manusia akan bekerja dengan keras setiap hari. Saat tubuh tidak beristirahat cukup, maka sistem kardiovaskular juga tidak bisa beristirahat sehingga kurang tidur atau sering begadang juga menjadi salah satu gaya hidup penyebab jantung koroner yang harus dihindari.

Selama fase pertama tidur yakni fase non REM, maka denyut jantung dan tekanan darah akan menurun dan kemudian akan naik dan turun kembali sebagai bentuk respon terhadap mimpi selama fase kedua atau tidur REM yang semuanya baik untuk menjaga kesehatan kardiovaskular. Namun saat anda kurang tidur, maka kortisol dan adrenalin akan semakin meningkat yang akhirnya menjadi penyebab jantung koroner terjadi.

10. Tidak Mengkonsumsi Buah dan Sayur

Diet terbaik untuk menjaga kesehatan jantung adalah mengkonsumsi makanan nabati seperti buah, kacang kacangan, biji bijian, protein dan susu rendah lemak. Saat seseorang tidak mengkonsumsi buah dan sayuran minimal 3 porsi sehari, maka risiko jantung koroner akan semakin meningkat dibandingkan mereka yang rutin mengkonsumsi buah dan sayuran serta berbagai makanan nabati sehat lainnya.

11. Mengkonsumsi Daging Merah Terlalu Berlebihan

Daging merah memiliki kandungan lemak jenuh yang sangat tinggi termasuk juga dengan berbagai olahan daging merah seperti sosis dan bacon yang semuanya bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular seperti jantung koroner. Jika anda memang ingin mengkonsumsi daging merah seperti daging sapi, maka disarankan untuk memilih potongan daging tanpa lemak yang bisa dikonsumsi maksimal beberapa kali saja dalam sebulan untuk menurunkan risiko jantung koroner.

12. Mengkonsumsi Gorengan

Berbagai makanan yang diolah dengan cara digoreng juga menjadi salah satu penyebab berbagai penyakit jantung seperti jantung koroner. Dibalik rasa nikmat dari gorengan tersebut, ternyata makanan yang diolah dengan minyak ini bisa meningkatkan penyumbatan pembuluh darah yang akhirnya akan menyebabkan jantung koroner.

Berbagai gaya hidup penyebab jantung koroner diatas mungkin ada sebagian atau bahkan hampir seluruhnya yang tanpa sadar selalu anda lakukan sehari hari. Agar anda bisa terhindar dari penyakit mematikan ini, ada baiknya hentikan segala kebiasaan buruk tersebut dan mulailah menjalani pola hidup yang sehat untuk menjaga jantung sekaligus seluruh organ tubuh lainnya.