9 Langkah Pencegahan Pada Penyakit Jantung

Penyakit kardiovaskular adalah salah satu penyebab utama kematian seseorang. Diperlukan upaya dan Pencegahan  pada penyakit jantung. Dimana langkah pencegahan terbaik terhadap penyakit jantung dan stroke adalah untuk memahami risiko dan pilihan pengobatan. Risiko terbesar adalah ketidaktahuan atau misinformasi. Langkah pertama adalah bertanggung jawab atas kesehatan Anda.

1. Ketahuilah risiko Anda.

Faktor risiko yang paling berpengaruh untuk penyakit kardiovaskular adalah usia, semakin tua usia Anda, semakin besar risiko Anda. Yang kedua adalah susunan genetik Anda. Meskipun semua orang bersemangat dengan kemajuan ilmiah dalam penelitian genomik, tes gen konklusif masih dalam tahap awal.

2. Jangan merokok atau memaparkan diri Anda ke perokok pasif.

Bukti yang ada adalah bahwa merokok sigaret dan perokok pasif dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, penyakit paru-paru, penyakit pembuluh darah perifer dan stroke.

Baca juga: aterosklerosis

3. Menjaga tekanan darah yang sehat.

Tekanan darah tinggi, yang disebut hipertensi, dikenal sebagai “the silent killer” saat berjalan tanpa gejala pada kebanyakan individu. Tekanan darah tinggi menyebabkan kerusakan pada lapisan dalam pembuluh darah Anda. Semakin tinggi tekanan darah Anda (BP) semakin besar risiko Anda. Risiko mulai meningkat dari tekanan 115/70 mmHg dan ganda untuk setiap peningkatan 10 mmHg dalam sistolik (jumlah yang lebih besar) dan peningkatan 5 mmHg diastolik (jumlah yang lebih kecil). Keturunan dan bertambahnya usia meningkatkan risikonya.

4. Pantau kolesterol Anda (lipid darah).

Lipid darah abnormal atau tinggi (lemak) adalah penyumbang utama penyakit kardiovaskular. Lipid darah Anda termasuk LDL, HDL dan trigliserida. Semakin rendah LDL Anda dan semakin tinggi HDL Anda, semakin baik prognosis Anda. Jumlah kolesterol dalam darah Anda ditentukan terutama oleh tiga faktor: jumlah yang dihasilkan oleh hati ini sebagian besar bersifat genetik, jumlah yang diserap dari saluran usus : beberapa dari apa yang Anda makan, tetapi lebih banyak dari kolesterol yang diproduksi oleh hati dan dikeluarkan ke saluran pencernaan dan usia maka  kolesterol Anda meningkat seiring bertambahnya usia.

Jika Anda berisiko, obat hampir selalu diperlukan untuk menurunkan LDL atau menaikkan HDL Anda. Rasio ideal kolesterol total dibagi dengan kolesterol HDL adalah 3,0. Jika lebih tinggi, Anda mungkin perlu diet sebagai terapi. Masalah dengan diet adalah, secara umum, itu hanya dapat menurunkan kolesterol darah total sekitar 10 persen. Jika Anda memiliki riwayat keluarga yang kuat atau peningkatan lipid, terapi obat biasanya diperlukan.

Baca juga:buah untuk jantung bengkak

5. Batasi kalori Anda.

Tingkat obesitas di Indnesia termasuk kondisi yang mengkhawatirkan, berkontribusi pada epidemi diabetes yang hampir mendekati, yang merupakan penyakit kardiovaskular. Jika Anda menderita diabetes, risiko Anda sama dengan seseorang yang sudah mengalami serangan jantung. Obesitas disebabkan oleh mengkonsumsi lebih banyak kalori daripada luka bakar tubuh Anda. Obesitas perut adalah risiko utama. Ukuran porsi dan jumlah gula dalam makanan telah meningkat secara dramatis selama beberapa dekade terakhir. Pada saat yang sama, jumlah latihan harian telah menurun. Ini adalah nasihat yang baik untuk “minum langsing” (air, teh, kopi). Gunakan kontrol porsi sebelum Anda mulai makan dan menjauh dari meja sebelum Anda “kenyang”.

6. Jadikan olahraga sebagai kebiasaan sehari-hari.

Kurangnya olahraga berkontribusi pada epidemi obesitas di Amerika. Studi menunjukkan bahwa berjalan dua mil sehari adalah optimal untuk kesehatan secara keseluruhan, dan dua mil berjalan itu tidak harus dilakukan sekaligus. Olahraga memang lebih dari membakar kalori, juga mengaktifkan gen yang bermanfaat bagi kesehatan dengan cara lain. Plus, olahraga adalah salah satu perawatan terbaik untuk depresi dan kecemasan. Namun, olahraga saja tidak dapat mengendalikan atau mengurangi berat badan Anda dan Anda juga harus memodifikasi diet Anda.

Baca juga:diagnosa medis jantung

7. Pilih pil Anda dengan bijak.

Ada minat yang besar dalam pengobatan alternatif dan dapat dimengerti, karena pasien ingin diberdayakan untuk bertanggung jawab atas kesehatan mereka sendiri. Namun, banyak yang mengambil obat alternatif karena cara mereka dipasarkan. Fakta bahwa suatu zat adalah “alami” tidak membuktikan manfaat kesehatannya. Setelah semua, tidak ada yang waras akan mengambil arsenik hanya karena itu “alami.

Apakah kita pernah meresepkan obat-obatan alternatif? Sesekali bisa dilakukan. Risiko utama dengan banyak pengobatan alternatif adalah bahwa pasien berpikir mereka melakukan sesuatu untuk meningkatkan kesehatan, padahal sebenarnya mereka tidak. Meskipun beberapa vitamin telah terbukti dapat membantu beberapa kondisi, hingga saat ini tidak ada yang terbukti mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Ada beberapa pengecualian langka, seperti minyak ikan dan niacin (vitamin B). Penting juga untuk dicatat bahwa dosis tinggi dari beberapa vitamin dapat mengganggu atau menetralkan efek menguntungkan dari beberapa obat yang diresepkan.

8. Kurangi stres.

Stres berkontribusi terhadap penyakit kardiovaskular dan, jika parah, dapat menyebabkan serangan jantung atau kematian mendadak. Ada banyak pilihan yang membantu mengurangi stres, seperti olahraga teratur, tidur yang cukup, berjuang untuk perkawinan yang baik, tertawa, menjadi sukarelawan atau menghadiri ibadah.

9. Tetap terinformasi: Sains berubah secara konstan.

Satu-satunya yang konstan adalah perubahan. Ini terutama berlaku dalam dunia kedokteran karena teknik-teknik baru dan wawasan baru berkembang secara konstan. Jangan percaya setiap bagian dari “informasi ilmiah” yang Anda temukan di media atau iklan. Sejumlah besar studi penelitian yang membuatnya menjadi publikasi ilmiah dirancang dengan buruk atau menghasilkan data yang tidak representatif, misalnya, karena kurangnya jumlah peserta yang cukup hingga memberikan data yang meragukan pada masalah pencegahan penyakit jantung.