12 Makanan Untuk Penderita Jantung Paling Direkomendasikan

Mengkonsumsi berbagai makanan sehat sangat baik untuk jantung selain menjalani pola hidup yang sehat agar terhindar dari penyakit jantung sekaligus menurunkan risiko kehilangan nyawa karena penyakit jantung. Selain mengkonsumsi berbagai makanan sehat untuk jantung, hal penting yang juga harus dilakukan adalah menjauhi makanan serba instan dan juga cepat saji. Agar anda bisa terhindar dari penyakit jantung, maka terapkan gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi, olahraga teratur dan tidak merokok. Berikut ini adalah daftar beberapa makanan untuk penderita jantung yang bisa anda konsumsi setiap hari untuk menjaga kekuatan jantung sekaligus berbagai masalah kardiovaskular.

Baca juga: terapi penyumbatan pembuluh darah jantung

  1. Kacang

Memperbanyak konsumsi kacang seperti salah satunya kacang merah sebanyak 3 cangkir seminggu sangat baik untuk kesehatan jantung. Tidak hanya tinggi akan fitonutrien, berbagai jenis kacang kacangan juga mengandung serat serta air yang penting untuk jantung sekaligus membuat perut terasa kenyang lebih lama. Dengan kenyang lebih lama, maka mengkonsumsi kalori bisa dikurangi. Selain itu, berbagai jenis kacang juga mengandung antioksidan tinggi yang bisa mencegah kerusakan sel karena radikal bebas penyebab parkinson, kanker dan juga alzheimer.

  1. Biji Bijian Utuh

Mengkonsumsi berbagai biji bijian utuh seperti beras merah, gandum dan juga jantung sebagai sumber karbohidrat bisa mengurangi berbagai penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, kanker dan juga obesitas. Biji bijian mengandung serat, protein, mineral, vitamin B, zat besi, magnesium dan juga zinc yang semuanya penting untuk menjaga kesehatan jantung.

  1. Yogurt

Yogurt merupakan susu yang sudah melewati proses fermentasi bakteri yang sudah sejak lama dikonsumsi sebagai minuman kesehatan. Kandungan bakteri baik yang ada dalam yogurt ini sangat baik untuk menurunkan risiko penyakit jantung sekaligus memperbaiki sistem pencernaan sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh.

Baca juga: akibat jantung koroner

  1. Kismis

Kismis yang terbuat dari buah dikeringkan ini ternyata juga sangat baik dikonsumsi karena mengandung antioksidan untuk mencegah berbagai penyakit jantung. Selain itu, dari penelitian juga dibuktikan jika kismis sangat baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit jantung yang juga menjadi penyebab dari penyakit jantung.

  1. Kacang Hijau

Jantung juga menjadi salah satu makanan sehat untuk jantung yang sudah terkenal di seluruh negara tropis. Dalam kacang hijau mengandung serat larut dan juga beberapa zat lain yang bisa menurunkan kolesterol jahat sekaligus melindungi jantung dan menurunkan risiko stroke maupun serangan jantung.

  1. Ikan Salmon

Salmon sangat disarankan untuk masuk dalam menu diet sehari hari setidaknya dua hingga 3 kali dalam seminggu untuk menurunkan risiko penyakit jantung koroner dalam jangka panjang. Dalam ikan salmon ini mengandung lemak omega 3 yang sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah sekaligus mencegah fetak jantung tak beraturan. Salmon juga bermanfaat untuk mencegah pengerasan arteri dan menurunkan risiko serangan jantung akibat pengerasan arteri yang tentinya sangat berbahaya untuk jantung.

Baca juga: buah untuk jantung bengkak

  1. Ikan Tuna

Selain ikan salmon, ikan tuna juga sangat baik dikonsumsi karena juga mengandung omega 3 tinggi sekaligus mengandung myoglobin yakni protein berbentuk bulat penyimpan oksigen jauh lebih banyak dibandingkan dengan jenis ikan lainnya yang menjadi makanan untuk penderita jantung. Tidak hanya mengandung omega 3, namun tuna juga mengandung beberapa nutrisi lainnya seperti niacin, vitamin B12 dan juga selenium yang sangat penting untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh.

  1. Coklat Hitam

Coklat hitam atau disebut dengan dark chocolate adalah makanan nikmat sekaligus sehat untuk jantung sebab kaya akan kandungan flavanol yang berguna untuk mengencerkan darah dan juga berguna untuk menjaga kesehatan jantung secara menyeluruh. Sedangkan flavanol dalam coklat bisa meningkatkan kesehatan pembuluh dan juga meningkatkan kesehatan jantung secara menyeluruh.

  1. Tomat

Buah dan juga sayur tinggi akan kandungan beberapa vitamin seperti vitamin A dan vitamin C serta beberapa mineral seperti serat dan juga kalium serta likopen yang sangat baik untuk mencegah jantung koroner. Tomat yang merupakan jenis sayur dan buah yang baik dikonsumsi langsung atau dibuat menjadi berbagai campuran makanan lain yang bisa dikonsumsi sehari hari.

  1. Delima Merah

Buah delima merah menurut penelitian bisa mengurangi penumpukan bakteri pada arteri sekaligus menurunkan tekanan darah. Dalam delima merah juga mengandung senyawa antosianin untuk mengurangi plak dan bakteri yang ada dalam jantung. Selain itu, jika dibandingkan dengan jenis buah lainnya, buah delima ternyata juga mengandung antioksidan tinggi yang sangat baik untuk kesehatan jantung.

  1. Pisang

Pisang adalah buah yang sangat banyak ditemukan di Indonesia dengan kandungan kalium tinggi untuk menjaga kesehatan fungsi jantung sekaligus menyeimbangkan natrium dan juga air dalam tubuh. Tidak hanya itu, namun juga ada banyak manfaat jantung yang lainnya seperti mencegah kambuhnya penyakit jantung, meredakan nyeri jantung, menormalkan denyut jantung sekaligus mencegah berbagai penyakit jantung.

  1. Teh Hijau

Teh hijau yang seringkali dikonsumsi sebagai minuman dan juga bahan campuran makanan ini mengandung antioksidan tinggi yang sangat baik untuk mencegah penyakit jantung koroner. Selain itu, ada beberapa manfaat lain dari teh hijau seperti meningkatkan fungsi endotel, melancarkan aliran darah dan juga menurunkan risiko kematian akibat serangan jantung.

Itulah tadi ulasan dari kami tentang beberapa jenis makanan untuk penderita jantung yang sangat baik dikonsumsi yang sekaligus juga bisa meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Semua makanan ini sebaiknya dikonsumsi secara bergantian setiap hari agar anda bisa memiliki kesehatan jantung maksimal dan tentunya imbangi juga dengan olahraga untuk meningkatkan kinerja jantung anda.