12 Makanan Baik Dikonsumsi Untuk Vitamin Jantung

Dapat dikatakan jika jantung menjadi bagian yang paling vital dalam tubuh manusia. sehingga sudah menjadi kewajiban untuk selalu menjaga fungsi dan kerja jantung tetap bekerja. Lalu bagaimana caranya? Anda bisa melakukannya dengan mengontrol makanan apa saja yang masuk ke dalam tubuh serta mengkonsumsi vitamin jantung. Ada banyak produk-produk yang ditawarkan sebagai vitamin yang baik untuk jantung, namun 10 makanan di bawah ini juga dapat anda jadikan sebagai vitamin yang menjaga agar kondisi jantung tetap terjaga sehat sepanjang waktu.

  1. Salmon

Makanan super yang satu ini menjadi salah satu makanan terbaik bagi kesehatan jantung anda. kandungan di dalamnya yaitu omega-3 berperan sebagai lemak sehat yang dapat membantu mengurangi resiko gangguan jantung serta menurunkan tekanan darah. Omega-3 ini juga dapat mencegah peradangan serta menurunkan trigliserida. Setidaknya anda bisa mengkonsumsi 2 porsi ikan salmon dalam 1 minggu. Baca juga: buah untuk jantung bengkak

  1. Minyak Zaitun

Lemak sehat ini memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan yang baik bagi kesehatan jantung. Antioksidan juga dapat membantu melindungi pembuluh darah dan menurunkan kadar kolestrol. Anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk memasak sayuran atau dicampurkan ke dalam salad.

  1. Kenari

Kenari memiliki kandungan yang kaya akan omega-3 yang mana menjadi lemak sehat yang baik untuk jantung. Kandungannya dapat melindungi arteri jantung dari gangguan peradangan. Selain itu kenari juga memiliki kandungan baik lainnya seperti vitamin E, folat, magnesium, dan pitosterol yang baik untuk menurunkan resiko gangguan jantung. Anda bisa menggunakan minyak kenari untuk menggantikan lemak jahat yang biasa anda konsumsi. Misalnya saja, anda bisa menggunakan minyak kemari dalam campuran saus salad. Baca juga: cara alami menyembuhkan penyakit jantung

  1. Tahu

Tahu juga anda bisa masukkan ke dalam satu satu makanan yang mengandung vitamin jantung. Kandungan protein vegetarian dan mineralnya yang tinggi sangat baik bagi kesehatan jantung. Tahu juga dapat menyerap segala rempah-rempah ataupun saus yang ada di dalam masakan anda. untuk mengolah tahu ini, usahakan tidak menggunakan banyak minyak sehingga tetap baik dikonsumsi tubuh.

  1. Kacang Hitam

Kacang hitam memiliki nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan jantung, mulai dari magnesium, antioksidan, hingga folat di dalamnya dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah. Selain itu kandungan seratnya juga memabntu untuk mengontrol kadar gula darah dan kolestrol di dalam tubuh. Sehingga jantung bisa terhindar dari berbagai permasalahan yang mengganggu. Anda bisa menambahkan kacang hitam ini pada salad dan sup anda.

  1. Rempah-rempah

Menggunakan rempah-rempah untuk menggantikan garam ke dalam masakan anda menjadi pilihan yang sangat tepat bagi kesehatan jantung anda. Rempah-rempah akan memberikan rasa pada makanan tanpa memberikan efek bburukk bagi kesehatan jantung. Menambakan bumbu non garam ke dalam masakan dapat menjadi cara yang lezat untuk menjaga kesehatan jantung anda.

  1. Blueberry

Makanan lainnya yang baik bagi kesehatan jantung adalah buah blueberry. Buah yang kaya akan nutrisi ini memiliki kandungan anthocyanin dan antioksidan yang baik bagi pembuluh darah. Buah ini juga memiliki serat dan kandungan nutrisi lainnya yang dapat menjaga kesehatan jantung. Dan tak hanya itu saja, di dalam blueberry juga memiliki kandungan yang penting yaitu antosianin yang mana dapat membantu melancarkan peredaran darah serta mencegah terjadinya plak di arteri jantung. Anda bisa menambahkan blueberry segar pada pancake, yoghurt maupun sereal anda. Baca juga: pencegahan jantung koroner

  1. Apel

Dengan mengkonsumsi 1-2 buah apel setiap harinya dapat membantu mengurangi resiko penyakit jantung. Apel sangat efektif untuk mengurangi kdar kolestrol jahat yang ada di dalam tubuh serta membantu mengatur kadar gula di dalam darah. Hal ini karena apel memiliki kandungan fitonutrein dan epicatechin. Senyawa ini kaya akan kandungan antioksidan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

  1. Teh Hijau

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan sebelumnya, mengkonsumsi 5 cangkir the hijau dalam 1 hari menurunkan resiko seseorang dapat mengalami kematian yang diakibatkan oleh stroke dan serangan jantung. Namun ada yang peru diperhatikan dalam mengkonsumsi the hijau ini, jika anda mengkonsumsi lebih dari 5 cangkir setiap harinya maka dapat menyebabkan penyakit batu ginjal. Untuk itu, damping konsumsi teh hijau anda dengan memperbanyak konsumsi air putih. Sehingga tubuh terhindar dari dehidrasi dan sistem kemih tetap berjalan lancar.

  1. Biji-Bijian Utuh

Yang termasuk ke dalam biji-bijian utuh ini adalah gandum, jagung, beras merah, dan lainnya. biji-bijian utuh ini dapat menurunkan resiko berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung. Hal ini dikarenakan kandungan dan nutrisi di dalamnya seperti vitamin B, antioksidan, sera, dan protein yang membantu menjaga kesehatan tubuh.

  1. Brokoli

Brokoli memiliki kandungan yang cukup penting seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, kalium dan antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Brokoli membantu mengurangi kadar kolestrol yang ada di dalam darah, membantu dalam proses pembentukan pembuluh darah, serta antiinflamasi. Brokoli juga memiliki kandungan protein yang tinggi yang dapat mencegah serangan jantung.

  1. Sayur Bayam

Sayuran hijau yang satu ini memiliki kandungan phytochemical, asam folat, vitain, serta zat besi. Kandungan di dalam bayam membantu dalam melindungi fungsi jantung serta mencegah terjadinya gangguan detak jantung.

Nah itu tadi 12 makanan yang dapat anda masukkan ke dalam menu makanan sehari hari sebagai vitamin jantung yang dapat menjaga kesehatan jantung dan fungsinya. Konsumsi makanan-makanan diatas secara rutin sehingga kesehatan jantung tetap terjaga dan terhindar dari gangguan-gangguan yang dapat menyerang jantung. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda.